Minggu, 09 Januari 2011

PANDANGAN UMUM FRAKSI PDI PERJUANGAN TERHADAP RAPERDA TENTANG RANCANGAN PERUBAHAN APBD KABUPATEN GARUT TAHUN ANGGARAN 2010

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM,
ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH,
MERDEKA !!!


YTH. PIMPINAN DAN SELURUH ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT;
YTH. SAUDARA BUPATI DAN WAKIL BUPATI;
YTH. UNSUR-UNSUR MUSPIDA KABUPATEN GARUT;
YTH. KETUA PENGADILAN NEGERI KABUPATEN GARUT;
YANG SAYA HORMATI SAUDARA SEKERTARIS DAERAH, PARA STAF AHLI, PARA ASISTEN, SERTA PARA KEPALA SOPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GARUT.

TAMU UNDANGAN DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

PUJI DAN SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA, KARENA ATAS PERKENAN SERTA KARUNIANYA, PADA HARI INI KITA MASIH DIBERI KESEMPATAN BERSILATURAHIM DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT SERTA DAPAT BERSAMA-SAMA HADIR PARA RAPAT PARIPURNA TERBUKA DPRD KABUPATEN GARUT.

SHALAWAT DAN SALAM SEJAHTERA, SENANTIASA KITA CURAHKAN SERTA SEMOGA TERLIMPAH CURAH SELAMANYA KEPADA NABI BESAR NABI MUHAMMAD SAW.  TABI’IN DAN KEPADA PARA PENGIKUTNYA YANG TAAT PADA AJARAN DAN SUNNAHNYA, SEMOGA SENANTIASA MEMPEROLEH LIMPAHAN TAUFIK DAN HIDAYAH-NYA HINGGA DI AKHIR ZAMAN, AMIN YA ROBBAL’ALAMIN.

EMPAT HARI LAGI TEPATNYA TANGGAL 10 SEPTEMBER 2010 ATAU SATU SYAWAL 1431 HIJRIYAH SELURUH UMAT ISLAM AKAN MEMPERINGATI HARI  KEMENANGANNYA, SELAMA SEBULAN PENUH KITA MENJALANKAN IBADAH PUASA DAN DIAKHIRI DENGAN IDUL FITRI, MAKA PADA KESEMPATAN INI ANGGOTA FRAKSI PDI PERJUANGAN MENYAMPAIKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.  MUDAH-MUDAHAN MOMENTUM IDUL FITRI, BAGI SELURUH PENYELENGGARA PEMERINTAHAN KABUPATEN GARUT SELALU BERKINERJA BAIK, BERDEDIKASI, DAN LOYALITAS, KHUSUSNYA BAGI SAUDARA BUPATI MOMENTUM IDUL FITRI INI DAPAT MENGIMPLEMENTASIKAN DEMOKRASI TERPIMPIN. SEBAGAIMANA BUNG KARNO SAMPAIKAN BAHWA HAKEKAT DEMOKRASI TERPIMPIN DIIBARATKAN SEBUAH ORKESTA, DIMANA SAUDARA BUPATI SEBAGAI DIRIGEN DAN  SAUDARA WAKIL BUPATI, SEKDA SERTA SELURUH SOPD SEBAGAI PEMAIN ORKESTA, SEMUA PEMAIN ORKESTA HARUS MEMAINKAN MUSIKNYA SEBAGAIMANA DIISYARATKAN OLEH DIRIGEN.

RAPAT PARIPURNA DEWAN YANG TERHORMAT,

SELANJUTNYA, DALAM KESEMPATAN INI KIRANYA PENTING DISAMPAIKAN PANDANGAN UMUM FRAKSI PDI PERJUANGAN TERHADAP RAPERDA TENTANG RANCANGAN PERUBAHAN APBD KABUPATEN GARUT TAHUN ANGGARAN 2010, HAL INI MERUPAKAN KEWAJIBAN KONSTITUSIONAL SEBAGAIMANA TERSURAT DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2004 DAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 3 TAHUN 2007. 

SEBAGAIMANA ARAH KEBIJAKAN BELANJA PADA PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2010, DIPRIORITASKAN UNTUK MEMENUHI HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT:

1.                 PEMENUHAN KEBUTUHAN MASYARAKAT YANG MENDESAK BAIK SEKTOR PENDIDIKAN, KESEHATAN, EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR. NAMUN FAKTANYA DALAM BELANJA LANGSUNG UNTUK DINAS PENDIDIKAN MENGALAMI PENAMBAHAN SEBESAR 10,7% PADAHAL IDEALNYA HARUS 20%,  UNTUK SEKTOR EKONOMI TERUTAMA PENAMBAHAN ANGGARAN DI DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA HANYA SEBESAR 17,9% PADAHAL IDEALNYA HARUS 25%, PENAMBAHAN ANGGARAN DI DINAS PETERNAKAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN HANYA SEBESAR 9,8% PADAHAL IDEALNYA 15%, PENAMBAHAN ANGGARAN DI BADAN KETAHANAN PANGAN HANYA SEBESAR 4,7% PADAHAL IDEALNYA 10%. KEMUDIAN UNTUK SEKTOR-SEKTOR INFRASTRUKTUR, TERUTAMA PENAMBAHAN ANGGARAN DI DINAS BINA MARGA HANYA 4,5% PADAHAL SEHARUSNYA 10%, PENAMBAHAN ANGGARAN DI DINAS SDAP HANYA SEBESAR 15,2% SEHARUSNYA 25%. DAN FRAKSI KAMI MENYETUJUI PENAMBAHAN ANGGARAN DI DINAS KESEHATAN YANG HANYA 2,6%, MENGINGAT KOMITMEN KEPALA DINAS KESEHATAN DAN JAJARANNYA YANG DIRAGUKAN KAPABILITASNYA SERTA REPOSISI MUTASI YANG BELUM DILAKSANAKAN. KEMUDIAN KEGIATAN DI DINAS BINA MARGA MASIH DITEMUKAN KEGIATAN YANG PELAKSANAANNYA TIDAK SESUAI DENGAN RAB PADA APBD TAHUN ANGGARAN 2010 TERUTAMA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PEMBANGUNAN JALAN PEDESAAN, MISALNYA PEMBANGUNAN JALAN RAPAT BETON DI DESA KERTAMUKTI KECAMATAN CIKELET YANG SEHARUSNYA 270 METER HANYA DIKERJAKAN 70 METER, DI DESA PAMALAYAN KECAMATAN CIKELET YANG SEHARUSNYA 270 METER HANYA DIKERJAKAN 20 METER, DAN DI DESA LINGGAMANIK KECAMATAN CIKELET SAMPAI SEKARANG BELUM ADA KEGIATAN FISIK PEMBANGUNANNYA.

2.                 BELANJA YANG SIFATNYA MENGIKAT SEBAGAI KEWAJIBAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK, MISALNYA PENAMBAHAN ANGGARAN DI DINAS PERHUBUNGAN YANG HANYA  11,6% PADAHAL IDEALNYA 20%, DAN PENAMBAHAN ANGGARAN UNTUK KECAMATAN HANYA 15,8% PADAHAL SEHARUSNYA 30%. OLEH KARENANYA FRAKSI MEMPERTANYAKAN MENGAPA ANGGARAN UNTUK KECAMATAN SANGAT KECIL ?. SEDANGKAN ANGGARAN UNTUK DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL SERTA KANTOR PPTSP SUDAH SESUAI SESUAI DENGAN BEBAN KERJANYA.

3.                 DALAM FLAPON ANGGARAN APBD PERUBAHAN 2010 UNTUK MENDUKUNG BELANJA PROGRAM ANTISIPASI TERJADINYA RAWAN DAYA BELI MASYARAKAT YANG DIAKIBATKAN KONDISI EKONOMI MAKRO YANG MASIH FLUKTUATIF SERTA PROGRAM ANTISIPASI MENGHADAPI HARI RAYA IDUL FITRI, NATAL DAN TAHUN BARU 2011 MASIH BELUM JELAS PENGANGGARANNYA ? (MOHON PENJELASAN)

RAPAT PARIPURNA DEWAN YANG TERHORMAT,

SELANJUTNYA BERKAITAN DENGAN UPAYA-UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN YANG SIFATNYA MENGIKAT. FRAKSI KAMI MEMINTA PENJELASAN LEBIH LANJUT DARI SAUDARA BUPATI SEBAGAI BERIKUT :

1.         MENGAPA BANTUAN KEUANGAN DARI PEMERINTAH PROPINSI JAWA BARAT YANG DIALOKASIKAN PADA BELANJA LANGSUNG, BELANJA HIBAH DAN BELANJA BANTUAN SOSIAL KEPADA KELOMPOK MASYARAKAT HINGGA KINI BELUM CAIR ?

2.         MENGAPA ANGGARAN UNTUK PENANGGULANGAN TANGGAP DARURAT BENCANA ALAM MASIH DIANGGARKAN DALAM APBD PERUBAHAN KURANG DARI 0,01 % DARI TOTAL APBD PERUBAHAN 2010 ?

3.         MENGAPA TUNJANGAN PROFESI DAN TAMBAHAN PENGHASILAN BAGI GURU PNSD BELUM DITERIMA BAGI YANG BERHAK PADAHAL ANGGARANNYA SUDAH TERSEDIA DALAM APBD MURNI TAHUN ANGGARAN 2010 ?

DAN BERKENAAN PENDAPATAN DAERAH SEBAGAIMANA PENJELASAN NOTA PENGANTAR SAUDARA BUPATI DAN HASIL DARI SINKRONISASI. FRAKSI KAMI PADA PRINSIPNYA SANGAT MEMAHAMI BERBAGAI PROSES DAN ASUMSI-ASUMSI SUMBER PENDAPATANNYA YANG DISAMPAIKAN OLEH TAPD PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN GARUT.

TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIANNYA, MOHON MAAF ATAS SEMUA YANG KURANG BERKENAN. DAN SEBELUM DIAKHIRI PANDANGAN FRAKSI INI, ADA SEBUAH PANTUN :

NGAWANGUN BUMI DI SUKAMAJU,
BAHAN PAGEURNA  TI SURALAYA,
PANGWANGUNAN MOAL MAJU,
LAMUN ANGGARANANA TEU AYA.

WASSALAMU’ALAIKUM, WR. WB.

MERDEKA !!!





GARUT, 6 SEPTEMBER 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar