Minggu, 09 Januari 2011

PENDAPAT DAN KATA AKHIR FRAKSI PDI PERJUANGAN TERHADAP RAPERDA TENTANG RANCANGAN PERUBAHAN APBD KABUPATEN GARUT TAHUN ANGGARAN 2010

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM,

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH,

MERDEKA !!!


YTH. PIMPINAN DAN  ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT;
YTH. SAUDARA BUPATI DAN WAKIL BUPATI;
YTH. UNSUR-UNSUR MUSPIDA KABUPATEN GARUT;
YTH. KETUA PENGADILAN NEGERI KABUPATEN GARUT;
YANG SAYA HORMATI SAUDARA SEKERTARIS DAERAH, PARA STAF AHLI, PARA ASISTEN, SERTA PARA KEPALA SOPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GARUT.

RAPAT PARIPURNA DEWAN YANG TERHORMAT,

PUJI DAN SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA, KARENA ATAS PERKENAN SERTA KARUNIANYA, PADA HARI INI KITA MASIH DIBERI KESEMPATAN BERSILATURAHIM DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT SERTA DAPAT BERSAMA-SAMA HADIR PADA RAPAT PARIPURNA TERBUKA DPRD KABUPATEN GARUT INI.

SHALAWAT DAN SALAM SEJAHTERA, SENANTIASA KITA CURAHKAN SERTA SEMOGA TERLIMPAH CURAH SELAMANYA KEPADA NABI BESAR NABI MUHAMMAD SHOLULUHU WASSALAM. JUGA KEPADA KELUARGANYA, PARA SAHABATNYA, PARA TABI’IN DAN KEPADA PARA PENGIKUTNYA YANG TAAT PADA AJARAN DAN SUNNAHNYA, SEMOGA SENANTIASA MEMPEROLEH LIMPAHAN TAUFIK DAN HIDAYAH-NYA HINGGA DI AKHIR ZAMAN, AMIN YA ROBBAL’ALAMIN.

PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, FRAKSI PDI PERJUANGAN TERLEBIH DAHULU INGIN MENYAMPAIKAN SUATU PENILAIAN YANG APRESIATIF KEPADA SAUDARA BUPATI DAN SAUDARA SEKRETARIS DAERAH YANG MENURUT PENILAIAN DARI FRAKSI KAMI SUDAH SINERGITAS DAN HARMONIS DALAM BERSIKAP MAUPUN BERTINDAK, DALAM BERBAGAI KEBIJAKAN MENJALANKAN PEMERINTAHANNYA. HAL INI KAMI SENGAJA SAMPAIKAN MENGINGAT ADA SUATU PEPATAH DARI BUNG KARNO, “BAHWA SEORANG PEMIMPIN DIMANAPUN DAN KAPANPUN AKAN SELALU DINILAI OLEH RAKYATNYA, BAIK YANG BERKAITAN DENGAN APA YANG DITULIS, APA YANG DIUCAPKAN, APA YANG DILAKUKAN, APA YANG TIDAK DILAKUKAN, DAN KADANGKALA DIAMNYAPUN SELALU DINILAI OLEH RAKYAT”.  SELANJUTNYA BERKAITAN DENGAN SEJAUHMANA TAHAPAN PEMBANGUNAN YANG TELAH DILAKUKAN OLEH SAUDARA BUPATI, PADA DASARNYA FRAKSI KAMI MENILAI BAHWA TAHAPAN PEMBANGUNAN YANG SEDANG BERJALAN HINGGA TAHUN KEDUA MASA JABATAN SAUDARA BUPATI  SUDAH PADA TAHAP REVOLUSI INVESTMEN YAITU SUATU UPAYA DALAM MENATA PENGGUNAAN MODAL, BAIK MODAL SUMBER DAYA MANUSIA MAUPUN MODAL MATERIAL DALAM MENGISI PEMBANGUNAN DI KABUPATEN GARUT INI, YANG MUDAH-MUDAHAN DENGAN KERJA KERAS SELURUH JAJARAN PEMERINTAH DAERAH  AKAN MENCAPAI TAHAPAN SELANJUTNYA YAKNI MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG ADIL DAN MAKMUR DENGAN RIDHO ALLAH SWT.
DAN JUGA FRAKSI KAMI TIDAK HENTI-HENTINYA INGIN MENYAMPAIKAN DORONGAN MORAL KEPADA SAUDARA BUPATI DAN SEKRETARIS DAERAH DALAM MELAKUKAN REFORMASI BIROKRASI TANPA ADA INTERVENSI DARI SIAPAPUN APALAGI INTERVENSI DARI PIHAK LUAR YANG KEPENTINGANNYA HANYA SESAAT. OLEH KARENANYA SANGAT RELEVAN APA YANG DISAMPAIKAN BUNG KARNO PADA TANGGAL 17 AGUSTUS 1945, YAKNI : “……HANYA PEMIMPIN YANG BERANI MENGAMBIL SIKAP DALAM TANGAN SENDIRI, AKAN DAPAT BERDIRI DENGAN KUAT DAN DICINTAI RAKYATNYA…….”.
    
RAPAT PARIPURNA DEWAN YANG TERHORMAT,

DALAM KESEMPATAN INI KIRANYA PENTING DISAMPAIKAN PENDAPAT DAN KATA AKHIR FRAKSI PDI PERJUANGAN TERHADAP RAPERDA TENTANG RANCANGAN PERUBAHAN APBD KABUPATEN GARUT TAHUN ANGGARAN 2010, HAL INI MERUPAKAN KEWAJIBAN KONSTITUSIONAL SEBAGAIMANA TERSURAT DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2004, UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2004, PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 58 TAHUN 2005, PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 59 TAHUN 2007 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 13 TAHUN 2006 DAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI  NOMOR 25 TAHUN 2009.

BERKENAAN DENGAN JAWABAN SAUDARA BUPATI, PADA PRINSIPNYA FRAKSI KAMI DAPAT MEMAHAMI BERBAGAI JAWABAN SAUDARA BUPATI, MESKIPUN MASIH ADA PERTANYAAN-PERTANYAAN DARI FRAKSI KAMI YANG BELUM DIJAWAB SECARA JELAS DAN TRANSPARAN. OLEH KARENANYA UNTUK PEMBAHASAN APBD TAHUN ANGGARAN 2011 YANG TIDAK LAMA LAGI AKAN DIBAHAS BERSAMA-SAMA DENGAN DPRD HARUSLAH MEMPERHATIKAN PERATURAN-PERATURAN, BAIK PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 58 TAHUN 2005, PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2006 DAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2007 BAHWA ANGGARAN DAERAH YANG DISUSUN HARUS BENAR-BENAR MENCERMINKAN KEPENTINGAN DAN PENGHARAPAN MASYARAKAT DENGAN BERPEGANG PADA PENGELOLAAN KEUANGAN YANG EKONOMIS, EFISIEN DAN EFEKTIF MELALUI PARADIGMA ANGGARAN DAERAH YANG DIPERLUKAN, YAITU :

1.   ANGGARAN DAERAH HARUS BERTUMPU PADA KEPENTINGAN PUBLIK;
2.   ANGGARAN DAERAH HARUS DIKELOLA DENGAN HASIL YANG BAIK DAN BIAYA RENDAH;
3.   ANGGARAN DAERAH HARUS MAMPU MEMBERIKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS SECARA RASIONAL UNTUK KESELURUHAN SIKLUS ANGGARAN;
4.   ANGGARAN DAERAH HARUS DIKELOLA DENGAN PENDEKATAN KINERJA UNTUK SELURUH JENIS PENGELUARAN MAUPUN PENDAPATAN;
5.   ANGGARAN DAERAH HARUS MAMPU MENUMBUHKAN PROFESIONALISME KERJA DI SETIAP ORGANISASI TERKAIT;
6.   ANGGARAN BELANJA AGAR MENGKEDEPANKAN ASAS EFISIENSI DAN MENGHINDARI DABEL ANGGARAN, YANG TIDAK RASIONAL, YANG CENDERUNG BOROS DAN YANG TIDAK PEKA TERHADAP KRISIS DAN KONDISI KEMISKINAN MASYARAKAT; 
7.   PELAKSANAAN KEBIJAKAN ANGGARAN HARUS SEMAKIN DIDEKATKAN PADA DESA DAN KECAMATAN.

RAPAT PARIPURNA DEWAN YANG TERHORMAT,

SELANJUTNYA BERKENAAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN HARUS KONSEKUEN DAN DIAWASI OLEH SELURUH MASYARAKAT, MISALNYA :

1.     PROGRAM DAN KEGIATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN MASYARAKAT YANG MENDESAK BAIK SEKTOR PENDIDIKAN, KESEHATAN, EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR. MAKA  HARUS EFEKTIF DAN  EFISIENS DALAM PENGGUNAAN ANGGARAN DAN TEPAT SASARAN KARENA SEKTOR PENDIDIKAN, KESEHATAN, EKONOMI, DAN INFRASTRUKTIR MERUPAKAN URUSAN WAJIB DAN PRIORITAS. APALAGI SEKTOR PERTANIAN MERUPAKAN TULANG PUNGGUNG PEMBANGUNAN MASYARAKAT KABUPATEN GARUT.

2.     JAWABAN SAUDARA BUPATI BERKENAAN DENGAN KEGIATAN DI DINAS BINA MARGA YANG PELAKSANAANNYA DIINDIKASIKAN TIDAK SESUAI DENGAN RAB PADA APBD TAHUN ANGGARAN 2010, TERUTAMA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN PEDESAAN, MISALNYA PEMBANGUNAN JALAN RAPAT BETON DI DESA KERTAMUKTI KECAMATAN CIKELET, DI DESA PAMALAYAN KECAMATAN CIKELET DAN DI DESA LINGGAMANIK KECAMATAN CIKELET. PADA PRINSIPNYA FRAKSI KAMI DAPAT MEMAHAMI PENJELASAN SAUDARA BUPATI. OLEH KARENANYA PADA MASA YANG AKAN DATANG KEPADA SAUDARA BUPATI UNTUK BETUL-BETUL MEMBERIKAN BERBAGAI  DOKUMEN  PROGRAM DAN KEGIATAN, BAIK YANG BERUPA DIPA MAUPUN  RKA NYA, SEHINGGA MEMPERMUDAH BAGI DPRD DALAM MELAKUKAN FUNGSI PENGAWASANNYA, SEBAGAIMANA DIPERINTAHKAN DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 27 TAHUN 2009, PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 16 TAHUN 2010, DAN PERATURAN DPRD KABUPATEN GARUT NOMOR 1 TAHUN 2009 ; YANG BERKAITAN DENGAN FUNGSI PENGAWASAN TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH DAN APBD.

3.     DALAM BELANJA DAERAH YANG SIFATNYA MENGIKAT SEBAGAI KEWAJIBAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK HARUS BETUL-BETUL DIGUNAKAN UNTUK KEGIATAN YANG MEMBELA KEPENTINGAN RAKYAT KECIL.

4.     DALAM PENGANGGARAN BELANJA PROGRAM SEBAGAI UPAYA ANTISIPASI TERJADINYA RAWAN DAYA BELI MASYARAKAT YANG DIAKIBATKAN KONDISI EKONOMI MAKRO YANG MASIH FLUKTUATIF SERTA PROGRAM ANTISIPASI MENGHADAPI HARI RAYA IDUL FITRI, NATAL DAN TAHUN BARU 2011, HARUS BETUL-BETUL OPTIMAL DALAM PENGAWASANNYA TERUTAMA IMPLEMENTASI DI LAPANGAN.

5.     SAUDARA BUPATI HARUS TEGAS DALAM MELAKUKAN RESTRUKTURISASI  BIROKRASI DI DINAS KESEHATAN DAN SESEGERA MUNGKIN MELAKUKAN PENGGANTIAN TERHADAP PEJABAT-PEJABAT DINAS KESEHATAN YANG TIDAK KAPABEL DALAM PEKERJAANNYA TERMASUK PEMBUAT MUNCULNYA BERBAGAI KASUS-KASUS YANG MEMALUKAN. FRAKSI KAMI MENILAI PENANGANAN YANG DILAKUKAN OLEH SAUDARA BUPATI MASIH LAMBAN DAN TERKESAN TAKUT.

DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BERBAGAI ARGUMENTASI JAWABAN SAUDARA BUPATI DAN MENGINGAT PROSEDUR PENYUSUNAN PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2010 SUDAH SESUAI DENGAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU, MAKA FRAKSI PDI PERJUANGAN MENYETUJUI RAPERDA TENTANG PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2010 UNTUK DITETAPKAN MENJADI PERATURAN DAERAH.

DEMIKIANLAH KATA AKHIR FRAKSI INI DISAMPAIKAN. TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIANNYA, MOHON MAAF ATAS SEMUA YANG KURANG BERKENAN. TETAPI SEBELUMNYA IJINKANLAH KAMI MEMBACAKAN SEBUAH PANTUN :

NGANYAM BILIK KEUDAH BERES
ULAH WAKA BALIK MUN ACAN BERES


WASSALAMU’ALAIKUM, WR. WB.

MERDEKA !!!


GARUT, 8 SEPTEMBER 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar